Ada beberapa istiilah-istilah yang digunakan di Dunia OJoL ONLINE atau OJOL dalam menyampaikan berita atau sapaan sesama driver OJOL dengan cepat dan tepat sehingga sesama driver OJOL sudah paham apa yang dimaksud dari istilah tersebut.
Istilah-istilah atau Kamus Driver oJoL itu diantaranya adalah:
- Gacor Istilah paling sering digunakan adalah gacor yang mengacu pada orderan lancar seharian. Lancar yang dimaksud yakni setelah menyelesaikan orderan dalam waktu singkat driver kembali mendapat orderan baru.
- Gagu atau Anyep Artinya, orderan yang diterima pada hari itu sedikit.
- Vermuk Sistem verifikasi wajah yang digunakan untuk memverifikasi kepemilikan akun driver biasa disebut verifikasi muka (vermuk).
- Tupo Artinya, tutup poin. Hal ini biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh driver karena lewat tupo si pengendara dapat menikmati bonus yang diberikan sesuai poin yang dikumpulkan.
- Posdim Dalam berkomunikasi dengan pengguna jasa, driver ojol kerap menggunakan istilah Posdim. Maksudnya, menanyakan posisi pengguna jasa.
- Ceklis juga sering digunakan ketika pesan yang dikirim salah satu pihak tidak terkirim.
- Bintang Bintang merupakan penilaian performa yang diberikan oleh penumpang kepada driver. Bintang memiliki skala penilaian 1 sampai 5.
- Opik Singkatan dari order fiktif. Opik adalah momok yang paling menakutkan bagi para driver ojol lantaran risiko kerugiannya yang besar.
- Tuyul Sebutan untuk aplikasi fake GPS yang digunakan driver ojol. Hal ini digunakan driver agar dapat orderan dengan cepat. 10. Ngeblast Artinya, driver mendapat orderan yang lokasi penjemputannya jauh dari titik keberadaan pengendara pada saat itu. Yang terakhir ini yang paling ditakuti oleh OJOL yaitu ;
- Ngeblast / blast / Jeblest artinya adalah ketika kita menjemput penumpang yang lokasinya itu jauh dari titik kita, Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal diantaranya yaitu tidak adanya driver di dekat Resto atau banyak driver yang Off pada waktu hujan deras hanya kita satu-satu driver, sehingga kita mengalami Jeblest. Banyak driver yang mcancel atau pelanggan yang melakukan cancel, hal ini membuat aplikasi gojek menjadi susah untuk menemukan driver yang cocok untuk penumpang atau planggannya dan dengan adanya ngeblast / blast ini maka kita kemungkinan bisa menjemput pelanggan atau customer yang sangat jauh hingga 8 km jauhnya.
Biasanya peristiwa ini terjadi pada saat misalnya sedang hujan deras atau sedang ada peristiwa lain yang membuat para driver tidak mengambil atau melakukan cancel pelanggannya sehingga sang pelanggan butuh kita padahal kita jauh dari mereka.
Die einzigartige Geschichte von Online-Motorradtaxifahrern
Уникальная история онлайн мототаксистов
Terima Kasih.
By. RSW
Tidak ada komentar:
Posting Komentar